Family and Consumer Sciences National Competition and Symposium (FANTASY) 2019

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB secara khusus mempelajari perkembangan keluarga, perkembangan anak, dan konsumen yang berkaitan dengan ketahanan keluarga dalam menghadapi era industri 4.0. Ilmu-ilmu tersebut harus diterapkan dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat secara luas. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen melalui Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) bertujuan untuk menghimpun ide-ide mahasiswa/mahasiswi serta siswa/siswi sekolah menengah atas dalam menciptakan keluarga yang mampu beradaptasi di era industri 4.0. Atas dasar tersebut, HIMAIKO-IPB mengadakan Family and Consumer Sciences National Competition and Symposium (FANTASY) 2019.

Kegiatan   ini   merupakan   ajang   kompetisi yang terdiri dari lomba esai, karya tulis ilmiah, short movie, field trip dan simposium yang diikuti oleh siswa/siswi SMA sederajat, mahasiswa/ mahasiswi se-Indonesia, dan masyarakat umum. Rangkaian kegiatan terdiri dari presentasi lomba karya tulis ilmiah dan esai, field trip ke Kampung Horta Ciomas, dan symposium. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Oktober 2020. Materi dalam kegiatan ini membahas permasalahan karakter di Indonesia saat ini serta adaptasi keluarga untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak di era industri 4.0. Pembicara pada kegiatan ini yaitu Tika Bisono (Psikolog), Aldy Rustam (Duta GenRe), Gisela Thesa (Duta GenRe), dan Asma Nadia (Penulis Buku). Kegiatan symposium dihadiri oleh Siswa/siswi SMA sederajat, mahasiswa/ mahasiswi se-Indonesia, dan masyarakat umum sebanyak 117 orang. Kegiatan Family and Consumer Sciences National Competition and Symposium (FANTASY) 2019 dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Memperkenalkan dan menunjukkan kontribusi Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen sebagai satu-satunya bidang studi di Indonesia yang berfokus pada keilmuan keluarga dan konsumen;
  2. Menjadi sarana bagi mahasiswa/mahasiswi dan siswa/siswi sekolah menengah atas untuk menuangkan ide dan gagasan berbasis keilmuan terkait pembentukan karakter di era industri 4.0;
  3. Meningkatkan wawasan, kemampuan adaptasi, dan ketahanan keluarga Indonesia dalam pembentukan karakter di era industri 4.0.

 13,201 total views,  10 views today