Tupoksi

DESKRIPSI LINGKUP TUGAS

WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

logo-IPB

DEPARTEMEN ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN (IKK)

FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

2013-2017

LATAR BELAKANG

 

            Departemen Ilmun Keluarga dan Konsumen (IKK) menyusun suatu pedoman yang menyangkut struktur organisasi dan mekanisme pengelolaan departemen.  Pedoman ini berisi tentang tugas, kewenangan dan tanggung jawab bagi para pengelola/personalia Departemen IKK dalam melaksanakan program kerjanya.  Adanya pedoman ini Departemen diharapkan memiliki acuan prosedur standar dalam pelaksanaan kegiatan departemen untuk mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien.

 

 

PRINSIP UMUM

 

  1. Hubungan kerja antar pengelola/personalia Departemen IKK  bersifat  kolegial dan saling menghargai
  2. Dalam menjalankan tugas, setiap komponen harus mengedepankan sikap profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas dengan berpegang pada program kerja yang telah disepakati.
  3. Pengambilan keputusan semaksimal mungkin melibatkan stakeholders terkait dan diusahakan secara musyawarah
  4. Mengacu pada peraturan yang berlaku, khususnya seperti yang tercantum pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumahtangga IPB BHMN.

 

 

STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMEN

 

Ketua Departemen  : Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.

Sekretaris Departemen : Dr. Tin Herawati, SP, M.Si

Sekretaris Perencanaan  : Neti Hernawati, SP, M.Si

dan Sumberdaya

 

Divisi Ilmu Keluarga 

Kepala :  Dr. Ir. Diah Krisnatuti, MS

Sekretaris :  Dr. Tin Herawati, SP, M.Si

 

Divisi Perkembangan Anak

Kepala : Dr. Ir. Ratna Megawangi, M.Sc

Sekretaris  : Dr. Ir. Dwi Hastuti, M.Sc

 

Divisi Ilmu Konsumen & Ekonomi Keluarga

Kepala : Dr. Ir. Hartoyo,  M.Sc

Sekretaris  : Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, M.FSA

Komisi Pendidikan Sarjana         :

  1. Dr. Ir. Istiqlaliyah Muflikhati, M.Si
  2. Ir. Retnaningsih, M.Si

 

Ketua Program S2-IKA    : Dr. Ir. Herien Puspitawati, M.Sc, M.Sc

Sekretaris Program S2-IKA  : Dr. Ir. Dwi Hastuti, M.Sc

Komisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat : Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, M.FSA

 Komisi Kemahasiswaan  : Ir. M. Djamaludin, M.Sc

 Komisi Kerjasama dan : Dr. Ir. Diah Krisnatuti, MS

 Hubungan Alumni

 Komisi Sistem Informasi : Megawati Simanjuntak, SP, M.Si

 dan Manajemen

 Koordinator Laboratorium Fisik

Lab. Ketahanan Keluarga  : Dr. Tin Herawati, SP, M.Si

Lab. Tumbuh Kembang Anak  : Ir. Melly Latifah, M.Si

Lab. Pendidikan dan Perlindungan  Konsumen  : Ir. Retnaningsih, M.Si

 

 

 Ketua Forum Pengembangan  :   Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M,Si

Anggota  :

  1. Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.
  2. Dr. Ir. Diah Krisnatuti, MS
  3. Dr. Ir. Ratna Megawangi M.Sc
  4. Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc

 

A. Ketua Departemen

B. Sekretaris Departemen , terdiri atas :

  1. Sekretaris I (Bidang Pendidikan, Penelitian, Kerjasama Institusi dan Publikasi)
  2. Sekretaris II (Bidang Perencanaan, Pengembangan SDM, Kemahasiswaan, dan Pengelolaan Sarana & Prasarana)

C. Forum Pengembangan

D. Bagian Pengembangan Keilmuan, terdiri atas :

  1. Divisi Ilmu Keluarga
  2. Divisi Tumbuh Kembang Anak
  3. Divisi Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga

 

E. Komisi Pendidikan, dengan bidang kerja

a. Penyelenggaraan pendidikan major IKK

F. Ketua Program Studi S2-IKA, dengan bidang kerja

a. Penyelenggaraan program S2

 

G. Komisi-komisi

1. Komisi Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat, dengan bidang kerja sbb.:

a. Bidang Penelitian

b. Bidang Pengabdian Masyarakat

 

2. Komisi Publikasi, dengan bidang kerja sbb

a. Bidang pengelolaan Publikasi

b. Bidang Pengembangan Pustaka

 

3. Komisi Pembinaan Kemahasiswaan, dengan bidang kerja sbb.:

a. Bidang Pembinaan Penalaran/Himpro

b. Bidang Kesejahteraan Mahasiswa

 

4. Komisi Kerjsama, dan Hubungan Alumnni

a. Bidang Pengembangan Kerjasama Institusi

b. Bidang Promosi dan Hubungan Masyarakat

 

5. Komisi Sistem Informasi dan Manajemen

a. Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen

b. Bidang Pengembangan Teknologi Informasi

 

 


 LINGKUP TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

 

I. Forum Pengembangan Departemen

 

Forum Pengembangan Departemen merupakan forum yang anggotanya terdiri atas guru besar, ketua Departemen, dan kepala Bagian Keilmuan .  Forum pengembangan bertugas memberikan masukan/saran kepada Ketua Departemen berkenaan dengan rencana strategis pengembangan departemen dalam berbagai aspek, seperti pengembangan identitas diri, organisasi dan tata organisasi (govemance), serta program pendidikan, penelitian, pengabdian dan, kerjasama, pengembangan sumberdaya, dan bidang-bidang lain sesuai kebutuhan/permintaan ketua Departemen.  Dalam menggali informasi, Forum Pengembangan Ketua Departemen dapat mengundang stakeholders (mahasiswa, orang tua siswa, alumni, industriawan, pengusaha, dll.) sesuai kebutuhan.

 

II. Ketua Departemen

 

Ketua Departemen adalah pimpinan Departemen yang bertugas memimpin/mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan akademik (pendidikan, penelitian, pengambidan/pelayanan pada masyarakat, kerjasama, publikasi, kemahasiswaan dan hubungan alumni, tertib administrasi) di tingkat Departemen.  Ketua Departemen IKK dipilih dengan tatacara dan prosedur, serta untuk jangka waktu sesuai dengan aturan yang berlaku di IPB.  Dalam menjalankan tugas dan kewenangannya, Ketua Departemen IKK bertanggungjawab terhadap Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB.

 

Secara rinci ruang lingkup tugas, wewenang dan tanggungjawab Ketua Departemen adalah sebagai berikut :

 

a. Bersama Forum Pengembangan Departemen mengidentifikasi dan menyusun arah pengembangan strategis Departemen

b. Mengkoordinasikan perencanaan  program/kegiatan serta pembinaan, pengendalian dan pengembangan kegiatan di tingkat Departemen dalam bidang pendidikan multistrata, penelitian, pengabdian/pelayanan pada masyarakat, kerjasama, publikasi, kemahasiswaan dan hubungan alumni, administrasi dan pengelolaan keuangan, pengembangan sarana dan prasarana serta aspek lain yang relevan dengan mengacu pada mekanisme/ketentuan yang berlaku dengan rincian :

  1. Melalui Mekanisme Rapat Kerja dan atau Lokakarya mengkoordinasikan perencanaan program/kegiatan Departemen
  2. Bersama Kepala Bagian Keilmuan, Sekretaris Departemen, dan Ketua Komisi melakukan perencanaan implementasi program/kegiatan Departemen dan melakukan pembinaan, pengembangan dan pengendaliannya
  3. Bersama dengan Kepala Bagian Keilmuan melakukan pembagian beban tugas pengajaran, penelitian dan pelayanan/pengabdian pada masyarakat untuk setiap dosen dengan mengacu pada beban kerja setiap dosen (Full Time Equivalent/FTE), kompetensi serta ketentuan lain yang berlaku
  4. Bersama dengan Kepala Bagian Keilmuan, dan Sekretaris melakukan penugasan dan pembinaan terhadap tenaga pendukung (tenaga administrasi, teknisi dan laboran)
  5. Bersama dengan Sekretaris, Ketua Komisi, dan Kepala Bagian Keilmuan melakukan perencanaan anggaran Tahunan dan melakukan pembinaan serta pengendalian dalam implementasi/pengelolaan anggaran.

c. Melakukan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan Departemen sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan

d. Melaporkan pelaksanaan program/kegiatan Departemen dalam bentuk Laporan Tahunan dan Memorandum Akhir Jabatan.

 

 

III. Sekretaris Departemen

 

Sekretaris Departemen adalah pembantu tugas-tugas eksekutif Departemen yang penetapannya dilakukan oleh Rektor IPB (khusus Sekretaris I) atas dasar usulan Ketua Departemen.  Jumlah dan cakupan tugas Sekretaris Departemen ditetapkan oleh Ketua Departemen sesuai dengan kebutuhan.

Secara rinci tugas, kewenangan dan tanggungjawab Sekretaris Departemen adalah membantu tugas-tugas eksekutif Ketua Departemen dalam hal-hal sebagai berikut :

 

A.  Sekretaris I

 

  1. Koordinasi implementasi, administrasi dan pengembangan sistem informasi pendidikan multistrata (pengembangan kurikulum, pelaksanaan kuliah, praktikum, penetapan jadwal, pelaksanaan tugas akhir, dll), penelitian, pengabdian/pelayanan masyarakat, kerjasama dan publikasi
  2. Evaluasi pendidikan multistrata (pengembangan kurikulum, pelaksanaan kuliah, praktikum, penetapan jadwal, pelaksanaan tugas akhir, dll.), penelitian, pengabdian/pelayanan masyarakat, kerjasama dan publikasi dengan mengacu pada indikator kinerja yang ditetapkan
  3. Mewakili Ketua Departemen sesuai  lingkup tugasnya apabila Ketua Departemen berhalangan/atas dasar penugasan Ketua Departemen.
  4. Menyusun Laporan Kemajuan Departemen (Laporan Tahunan dan Memorandum Akhir Jabatan) sesuai bidangnya.

 

 

 

B.  Sekretaris II

 

  1. Koordinasi implementasi, administrasi dan pengembangan system informasi untuk bidang sumberdaya manusia SDM, kemahasiswaan, pengembangan Lab. Fisik Terpadu, sarana & prasarana, dan website Departemen GMSK.
  2. Pengelolaan dan administrasi keuangan Departemen dengan mengacu pada program/kegiatan yang telah disusun dan ketentuan/peraturan yang berlaku
  3. Evaluasi pengembangan SDM (pemantauan dan evaluasi kenaikan pangkat dan jabatan), kemahasiswaan, pengembangan Lab. Fisik Terpadu dan sarana & prasarana, serta website Departemen IKK
  4. Mewakili Ketua Departemen sesuai lingkup tugasnya apabila Ketua Departemen berhalangan/atas dasar penugasan Ketua Departemen
  5. Menyusun laporan Kemajuan Departemen (Laporan Tahunan dan Memorandum Akhir jabatan) sesuai bidangnya.

 

 

IV.  Pengembangan Divisi Keilmuan

 

Sebagai unsur pelaksana kegiatan akademik pada suatu departemen, bagian berkedudukan berada di bawah departemen, dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan berdasarkan mandat yang telah ditetapkan untuk masing-masing departemen.  Setiap bagian dipimpin oleh seorang Kepala Bagian, dan pelaksanaan tugas-tugas dan wewenangnya dikoordinasikan oleh Ketua Departemen.

 

  1. Kepala Divisi Keilmuan

 

Tugas dan wewenang Kepala Bagian, adalah :

  1. Menyusun rencana dan program bagian
  2. Membina dan mengarahkan dosen dan bagian dalam pelaksanaan kegiatan akademik dan pengembangan keilmuan
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik dan pengembangan ilmu sesuai dengan mandat bagian
  4. Mengelola fasilitas dan peralatan inventaris bagian
  5. Menyusun rencana biaya operasional tahunan sesuai dengan rencana dan program yang ditetapkan
  6. Membantu Ketua Departemen dalam pelaksanaan kegiatan akademik dan pengembangan keilmuan sesuai dengan mandat departemen
  7. Menyusun laporan kegiatan bagian secara berkala.
  8. Melakukan perencanaan pengembangan laboratorium fisik di tingkat Departemen
  9. Menyusun laporan reguler kegiatan lab fisik terpadu, baik dalam hal fasilitas, kegiatan maupun keuangan

 

 

B.  Sekretaris Bagian  Keilmuan

 

Membantu tugas-tugas kepala bagian  keilmuan, khususnya dalam :

  1. Penyiapan draft perencanaan, konsep-konsep pengembangan dibidang pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat
  2. Mengkoordinir persiapan dan pelaksanaan pertemuan-pertemuan lab (rapat, lokakarya, seminar, dll pertemuan yang relevan)
  3. Melakukan dokumentasi kegiatan/dokumen-dokumen bagian

 

 

 

V.    Komisi Pendidikan Program Studi S1 IKK

Sekretaris Program Studi S1 IKK merupakan unsur personalia departemen yang bertugas dalam penyelenggaraan administrasi pendidikan

Ketua Komisi Pendidikan merupakan unsure Personalia Departemen dengan tugas-tugas khusus sebagai berikut :

    1. Berkoordinasi dengan Sekretaris I, melakukan perencanaan implementasi dan evaluasi pendidikan (promosi, seleksi mahasiswa, perkuliahan dan praktikum, pemantauan kemajuan studi mahasiswa)
    2. Berkooridnasi dengan Sekretaris II, menyusun rencana kegiatan dan anggaran untuk kegiatan pendidikan
    3. Mengkoordinir pelaksanaan adinistrasi dan evaluasi pendidikan (perkuliahan dan praktikum, pemantauan kemajuan studi mahasiswa dan nilai ujian mahasiswa, termasuk kelulusan)
  1. Secara periodik menyusun laporan evaluasi sesuai bidangnya, termasuk menyusun dokumentasi-dokumentasi untuk Akreditasi Program Studi dan kegiatan lain yang relevan.
  2. Pengelolaan administrasi pendidikan (KRS, registrasi, daftar mahasiswa dan biodata, transkrip, daftar hadir)
  3. Penyusunan jadwal kuliah dan ujian, termasuk ujian perbaikan dan pelayanan seminar/kolokium dan tugas akhir
  4. Pengelolaan nilai (pemantauan dan pengumpulan, pengumuman, kompilasi dan perhitungan IPK)
  5. Pembagian/alokasi Pembimbing Akademik dan pembimbingan tugas akhir
  6. Pemantauan tugas akhir dan/penanganan mahasiswa kadaluarsa
  7. Penyusunan, sosialisasi, implementasi dan penyempurnaan tata tertib/persyaratan seminar dan ujian akhir (tugas akhir/skripsi/thesis)

 

  1. Ketua Program Studi S2-IKA

 

  1. Berkoordinasi dengan Departemen dan Pascasarjana IPB, melakukan perencanaan implementasi dan evaluasi pendidikan (promosi, seleksi mahasiswa, perkuliahan dan praktikum, pemantauan kemajuan studi mahasiswa)
  2. Berkooridnasi dengan Departemen , menyusun rencana kegiatan dan anggaran untuk kegiatan pendidikan
  3. Secara periodik menyusun laporan evaluasi sesuai bidangnya, termasuk menyusun dokumentasi-dokumentasi untuk Akreditasi Program Studi dan kegiatan lain yang relevan.
  4. Penyusunan jadwal kuliah dan ujian, termasuk kolokium dan tugas akhir
  5. Pengelolaan nilai (pemantauan dan pengumpulan, pengumuman nilai)
  6. Pembagian pembimbingan tugas akhir
  7. Pemantauan tugas akhir dan/penanganan mahasiswa kadaluarsa

 

 

VII.  Komisi-komisi

 

  1. Komisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

 

Adalah unit fungsional di tingkat Departemen yang bertugas membantu dan bertanggungjawab kepada ketua Departemen dalam perencanaan, pengembangan, pemantauan dan pengendalian kegiatan penelitian dan pengabdian masyaraka.  Komisi ini dipimpin oleh seorang ketua dengan tugas :

 

  1. Pengembangan konsep-konsep    pengembangan kegiatan dan penyusunan agenda penelitian dan pengabdian masyarakat di Departemen, berkoordinasi dengan Kepala Bagian Keilmuan dan Sekretaris I
  2. Melakukan koordinasi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat Departemen

 

  1. Komisi Publikasi

 

Merupakan unit fungsional di tingkat Departemen yang bertugas membantu dan bertanggungjawab kepada ketua Departemen dalam pengembangan publikasi dan pustaka.   Komisi ini dipimpin oleh seorang ketua yang mengkoordinir kegiatan dengan tugas :

  1. Melakukan perencanaan, mengkoordinir pelaksanaan dan melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan publikasi kegiatan penelitian, dan PPM
  2. Melakukan pengelolaan Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen
  3. Mengembangkan bahan pustaka yang terkait dengan keilmuan di Departemen

 

  1. Komisi Pembinaan Kemahasiswaan

 

Komisi ini merupakan unit fungsional di Departemen dengan tugas membantu dan bertanggungjawab kepada ketua Departemen dalam perecanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembinaan kemahasiswaan di tingkat Departemen.  Dalam pelaksanaannya, komisi dipimpin oleh seorang ketua yang mengkoordinir Bidang Pembinaan Penalaran, dan Kesejahteaan :

  1. Bidang pembinaan penalaran bertugas melakukan perencanaan, mengkoordinir pelaksanaan dan melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan PKM dan kegiatan sejenis, PPM (desa binaan dan kegiatan lain sejenis, biro konsultasi keluarga dan anak), seminar-seminar, serta kegiatan-kegiatan lain yang sejenis.
  2. Bidang Kesejahteraan bertugas melakukan perencanaan dan mengkoordinir pelaksanaan serta melakukan evaluasi dalam pembinaan kesejahteraan mahasiswa, khususnya dalam bidang beasiswa (mencari peluang dan mendistribusikan beasiswa). Peluang/kesempatan kerja dan kegiatan-kegiatan kesejahteraan mahasiswa lainnya
  3. Melakukan monitoring terhadap semua kegiatan yang dilaksanakan HIMPRO (HIMAIKO)
  4. Komisi Kerjsama, Hubungan Alumnni

Komisi ini adalah unit fungsional di tingkat Departemen yang bertugas membantu dan bertanggungjawab kepada ketua Departemen dalam perencanaan, pengembangan, dan pemantauan kerjasama institusi, hubungan alumni di tingkat Departemen,  pemantauan serta evaluasi terhadap kenaikan jabatan Dosen di lingkungan Departemen   Komisi ini dipimpin oleh seorang ketua dengan tugas

  1. Melakukan pengembangan kerjasama institusi dalam pelaksnaan penelitian dan pelayanan masyarakat.
  2. Melakukan perencanaan, penyiapan materi, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan promosi departemen
  3. Melakukan perecanaan dan mengkoordinir pelaksanaan serta melakukan evaluasi dlam bidang hubungan alumni, khususnya dalam pendataan dan updating data alumni melalui survey alumni terencana, merancang hubungan kerjasama kemitraan dengan alumni dan tugas-tugas lain yang relevan.

 

  1. Komisi Sistem Informasi dan Manajemen

Komisi ini adalah unit fungsional di tingkat Departemen yang bertugas membantu dan bertanggungjawab kepada ketua Departemen dalam perencanaan dan pengambangan sistem informasi dan manajemen.   Komisi ini dipimpin oleh seorang ketua dengan tugas

  1. Melakukan perencanaan dan pengembangan teknologi informasi di tingkat departemen
  2. Melakukan pemantauan pemakaian SIMAK di tingkat Departemen
  3. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap Website Departemen IKK

 

 

VIII.  Laboratorium Fisik

 

Laboratorium fisik merupakan  unit fungsional di Departemen yang bertugas membantu dan bertangungjawab kepada ketua Departemen dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pengembangan laboratorium fisik yang terdiri dari Laboratorium Ketahanan keluarga , Tumbuh Kembang Anak, Laboratorium Pendidikan dan Perlindungan Konsumen, dan Laboratoriun Pendidikan Karakter.  Dalam pelaksanaannya, setiap Laboratorium Fisik dipimpin oleh seorang kepala/koordinator yang mengkoordinir kegiatan laboratorium dan dibantu oleh seorang Sekretaris.  Secara khusus tugas Kepala dan Sekretaris Lab. Fisik adalah:

 

  1. Ketua Laboratorium Fisik
    1. Berkoordinasi dengan Kepala Bagian Keilmuan terkait dan Sekretaris II melakukan perencanaan pengembangan laboratorium fisik di tingkat Departemen
    2. Melakukan koordinasi dan pembinaan penembangan lab-lab fisik di tingkat Departemen menuju lab yang terakreditasi
    3. Menyusun dan melakukan harmonisasi peraturan dan tata tertib, mengkoordinir pelaksanaan dan melakukan evaluasi efektivitas pelaksnaan peraturan/tata tertib penggunaan fasilitas lab fisik di tingkat Departemen, baik untuk kegiatan praktikum, penelitian maupun pelayanan/jasa analisis
    4. Menggalang kerjasama kemitraan dengan lab/institusi lain yang sejenis untuk mendukung pelayanan kegiatan pendidikan (praktikum), penelitian dan jasa pelayanan
    5. Bekerjasama dengan Sekretaris II dalam pembinaan SDM (laboran, dll.) di lab fisik terpadu.
  2. Sekretaris Laboratorium Fisik
    1. Membantu kepala lab fisik terpadu dalam administrasi lab fisik terpadu
    2. Menyusun laporan reguler kegiatan lab fisik terpadu, baik dalam hal fasilitas, kegiatan maupun keuangan.

1,561 total views, no views today