ABSTRAK

Kehadiran internet yang digunakan oleh orang pemasaran untuk membuat lingkungan belanja baru yaitu e-commerce. Salah satu bentuk nyata dari e -commerce adalah toko online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perilaku pembelian contoh. Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive, yaitu Kaskus, online shop Facebook, dan Komunitas Online Shop. Pola pemilihan dilakukan dengan cara purposive dengan konsumen yang telah berbelanja fashion, buku dan elektronik. Jenis produk yang paling banyak dibeli contoh yang tidak bekerja adalah fashion, sedangkan contoh yang bekerja yaitu buku. Frekuensi pembelian dari dua kelompok contoh termasuk dalam kategori rendah. Alamat toko online yang paling banyak dikunjungi contoh yang tidak bekerja adalah Kaskus, sedangkan contoh yang bekerja adalah online shop Facebook. Biaya belanja online contoh yang tidak bekerja termasuk kategori rendah, sedangkan untuk contoh yang bekerja termasuk kategori sangat tinggi. Metode pembayaran dimiliki oleh kelompok contoh adalah metode transfer. Terdapat sembilan faktor yang menjadi variabel bebas yaitu jenis kelamin, umur, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan pencarian online. Jenis kelamin, pendapatan, persepsi manfaat, dan variabel pencarian online merupakan faktor signifikan yang mempengaruhi perilaku pembelian.

Kata kunci : evaluasi alternatif , gaya hidup, manfaat yang dirasakan, penerimaan risiko, pencarian online, perilaku yang dibeli.

Kembali ke Daftar Skripsi tahun 2010

2,059 total views, 3 views today

About

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor adalah program studi yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *