Jumat, 20 April 2018 diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Peringatan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Penetapan tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional bertujuan untuk memperingati berlakunya UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada 20 April 1999. Pada awalnya, Hari Konsumen Nasional diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). Namun, saat ini peringatan tersebut dilaksanakan oleh pemerintah dengan koordinasi dari Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, serta Kementerian Perdagangan.

 

Tidak hanya di pemerintahan saja, semarak peringatan Harkonas ini juga dirasakan oleh peserta Bina Desa Rumah Rasa di Kampung Cikarawang, Desa Tegal Waru, Kecamatan Ciampea. Sebanyak 26 murid dan ibu wali murid Paud Mawar ikut memeriahkan peringatan ini. Peringatan Harkonas yang dikoordinasikan oleh Divisi Consumer club HIMAIKO 2018 dilaksanakan pada Jumat, 20 April 2018 pukul 08.00-10.30 WIB.

 

Acara yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut diisi dengan sejumlah kegiatan. Pertama, senam bersama ibu dan anak yang bertujuan membangkitkan semangat ibu dan anak. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai bekal sehat yang disampaikan oleh salah satu dosen muda Ilmu Keluarga dan Konsumen, Risda Rizkillah, S.Si, M.Si. Materi bekal sehat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada ibu-ibu akan pentingnya membawakan bekal makan kepada anak agar asupan gizi anak terpenuhi dan anak terhindar dari bahaya jajanan yang dijual sembarangan. Kegiatan selanjutnya yaitu lomba kreativitas bekal sehat. Perlombaan ini diikuti oleh ibu beserta anak untuk membuat bekal sehat sekreatif mungkin dengan bahan-bahan yang telah disediakan. Tujuan perlombaan ini adalah melatih kerativitas ibu dan anak serta meningkatkan kelekatan dan kerja sama ibu dan anak.

 

Di akhir acara, kegiatan diisi dengan pengumuman tiga peserta pemenang lomba yang memenuhi kriteria sebagai peserta paling kreatif menyusun bekal makan dan peserta paling kooperatif antara ibu dan anak. Peringatan Harkonas berlangsung lancar dan tidak terkendala suatu hal apa pun. Tidak hanya itu, antusiasme peserta terhadap peringatan Harkonas ini selalu terlihat mulai dari awal hingga akhir acara.

88 total views, no views today

About Departemen IKK

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor adalah program studi yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *