Dr. Ir. Melly Latifah, M.Si

Research Article

Melly Latifah Ia memperoleh gelar sarjana pada Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK), Fakultas Pertanian IPB pada tahun 1987, dan gelar Magister Sains dari Program Studi Ilmu Psikologi, bidang kekhususan Psikologi Perkembangan (Anak), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 2002. Saat ini, Melly Latifah adalah kandidat Doktor yang sedang menyelesaikan Disertasinya pada Program Studi S3 Ilmu Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sejak tahun 1990 hingga 2005, Melly Latifah diangkat menjadi pengajar (PNS) di Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian IPB, dan mengasuh mata kuliah Psikologi Sosial (Prodi S0 MIJMG), Tumbuh Kembang Manusia, Ekologi Keluarga, Metode Penelitian Keluarga (Prodi S1 GMSK), serta mata kuliah Gizi dan Tumbuh Kembang (Prodi S2 GMK). Sejak tahun 2005 hingga saat ini, Melly Latifah ditugaskan di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia IPB, dan pengajar pada mata kuliah Pengantar Psikologi, Psikologi Anak, Pendidikan Holistik, Pengukuran Perkembangan Anak (Prodi S1 IKK), serta mata kuliah Teori Perkembangan Anak, Teori dan Prinsip Pendidikan Holistik, serta Pengukuran dan Penilaian Perkembangan Anak (Prodi S2 IKA). Selain itu, ia juga menjabat sebagai Kepala Laboratoriun Tumbuh Kembang Anak.

Sejak tahun 1990, Melly Latifah aktif dalam berbagai penelitian tentang Stimulasi dan Perkembangan Anak, Gizi dan Kecerdasan, Pengasuhan Anak, Pendidikan Karakter, Pendidikan Holistik, Pengembangan Kurikulum, dan Model Pembelajaran yang didanai oleh pemerintah, swasta, maupun luar negeri . Ia juga menulis buku Pendidikan Holistik bersama Ratna Megawangi dan Wahyu Farrah Dina (cetakan pertama tahun 2005, cetakan kedua tahun 2008).

Selain itu, Melly Latifah juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan menjadi tenaga ahli dan narasumber pada berbagai pelatihan dan seminar, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah (seperti, Pendidikan Kecakapan Hidup (BBE), Pendidikan Karakter yang diselenggarakan oleh Direktorat TK dan SD Depdiknas, Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, serta beberapa Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah di daerah), swasta (pelatihan guru/orang tua/umum yang diselenggarakan oleh PT. Caltex Indonesia, Exxon Mobil Oil, PT. DELL, PT. Dairy Land Indonesia, PT. Tigaraksa Satria), maupun yang diselenggarakan oleh masyarakat (Lembaga PAUD, dll.). Selain itu, ia juga terlibat aktif dalam kegiatan penanganan trauma pasca bencana Tsunami di NAD (2006) dan pasca bencana Gunung Merapi di Klaten (2006 dan 2011). Melly Latifah juga aktif dalam kegiatan pembinaan mahasiswa dengan menjadi Tim Bimbingan dan Konseling IPB, juga sering menjadi pembicara, pembina maupun juri dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di IPB. Organisasi Profesi/Ilmiah yang diikuti hingga saat ini adalah Asosiasi Ilmu Keluarga dan Konsumen Indonesia (ASIKKI).

 

4 total views, no views today