Dr. Ir. Dwi Hastuti, M.Sc

[:en]

Research Article

Dr.Ir. Dwi Hastuti, MSc. adalah staf pengajar di Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Menamatkan pendidikan Sarjana dari Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor pada tahun 1988. Pendidikan Magister diselesaikan selama dua tahun di University of the Phillipines at Los Banos (UPLB) pada Department of Human and Family Development Studies pada tahun 1997, dan selanjutnya pada tahun 2002 menempuh pendidikan doktor selama empat tahun pada Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Keterlibatan dalam pendidikan karakter dimulai saat Dr.Ir. Ratna Megawangi,MSc. melibatkannya sebagai salah satu pengurus pada The Indonesia Heritage Foundation sejak tahun 2000. Berbagai pelatihan tentang Pengembangan Karakter sebagai Kecakapan Hidup dilakukan bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat TK-SD telah dimulai pada tahun 2005 hingga 2007 kepada para guru, kepala sekolah dan penilik sekolah di seluruh Indonesia. Ketekunan untuk mengembangkan tema pembentukan karakter juga dapat dilihat dari desertasinya dengan judul : “Analisis Pengaruh Model Pendidikan Prasekolah pada Pembentukan Anak Sehat, Cerdas dan Berkarakter”. Sejak itu keterlibatan dalam penelitian, seminar, workshop dan pelatihan terkait pendidikan karakter dan pembentukan karakter dilakukannya bekerjasama dengan pihak pemerintah, perusahaan swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat hingga sekarang.

Saat ini Dwi Hastuti adalah koordinator pada Labschool Pendidikan Karakter IPB yang melayani pendidikan anak usia dini berupa Daycare, Play Group dan Kinder, sejak tahun 2010. Penelitian bertema karakter juga dilakukannya dengan melibatkan mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana, dan telah menyelesaikan penelitian yang dibiayai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, melalui Riset Strategi Nasional dengan judul : Model Harmonisasi Peran Keluarga dan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Mulia Remaja Bagi Tercapainya Visi Insan Cerdas Komprehensif Tahun 2014”, dan pada tahun 2015 memperoleh Hibah Kompetensi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berjudul : “Model Pendidikan Karakter Anak Pada Keluarga Perdesaan Berbasis Family and School Partnership”.

 

835 total views, 4 views today